Sabtu, 26 Januari 2013

Perencanaan Ukuran Penghantar Dan Pengaman

Perencanaan Ukuran Penghantar dan Pengaman

Menurut NEC ,motor yang dihubungkan dengan tegangan

a. Motor Controller
yaitu peralatan yang digunakan antara lain untuk menjalankan/mengasut motor, untuk menghentikan atau juga membalik arah putaran motor .Rating ukuran dari alat ini biasanya dalam HP (Horse Power). sedangkan alat pengasutnya bisa berupa saklar bintang delta .

b. Pengaman Motor 
yaitu alat yang melindungi motor pada saat bekerja dari kerusakan - kerusakan akibat beban lebih (over current) yang disebabkan oleh hubungan singkat dalam motor.Juga kadang - kadang untuk melindungi motor terhadap tegangan hilang ,Biasanya pengaman motor terdiri dari heater coil atau bimetal dan lilitan elektro magnit dan kumparan magnit besarnya maksimum 125% arus nominal motor,

c. Pemutus Edaran Cabang
Yaitu alat untuk memutuskan aliran kemotor bila motor ada gangguan. Jadi alt ini dibuka ? ditutup bila motor berhenti atau tidak ada aliran arus.

d. Pengaman Hantaran Edaran Cabang
Yaitu biasanya berupa fuse (sekring),patron lebur berguna untuk memutuskan arus lebih atau mengamankan hantaran edaran cabang terhadap arus hubung singkat.

e. Hantaran Cabang
Yaitu hantaran yang digunakan untuk mensuply tenaga listrik pada motor .

f. Pengaman Hantaran Pengisi
Biasanya berupa sekring berguna untuk melindungi hantaran pengisi dan alat - alat yang dilayani terhadap arus hubung singkat .

g. Hantaran Pengisi
Yaitu hantaran yang digunakan untuk mensupply tenaga listrik pada suatu kumparan motor.

h. Perlengkapan Pentanahan
Yaitu hantaran untuk mentanahkan arus bocor pada motor

Sumber :buku catatan ILI  29 - 10 2012








Tidak ada komentar:

Posting Komentar